Lompat Jauh

April 22, 2010 erzdudul

PENDAHULUAN

Lompat jauh adalah sejenis acara olahraga di mana seseorang atlet mencoba mendarat sejauh yang boleh dari tempat yg dituju.

Mereka yang bertanding akan berlari di laluan (pada tahap elit, biasanya mempunyai permukaan yang sama dengan trek lari) dan melompat sejauh yang diperbolehkan dengan memijak sepintas pada papan kayu ke bagian yang diisi pasir atau tanah. Jarak minimum dari papan ke tanda yang dibuat oleh atlit pada pasir harus diukur. Jika seseorang itu mengawali lompatannya dengan bagian kakinya di depan atau melebihi papan (satu lapisan plastisin diletakkan dengan segera di depan papan untuk ketepatan ini), lompatannya diisaratkan salah atau batal.

Format pertandingan ini berbeda, tetapi secara umumnya peserta akan mendapat beberapa kali cobaan untuk membuat lompatan dan hanya lompatan yang terpanjang akan dipakai sebagai keputusan. Peserta dengan lompatan sah yang paling jauh pada akhir pertandingan akan menjadi juara.

Kecepatan waktu berlari dan tinggi lonjakan merupakan kunci lompatan yang jauh. Oleh itu tidak heranlah jika atlet lari turut bertanding dan memenangkan lomba   ini. Lompat jauh telah dijadikan sebagai sebagian daripada Sukan Olimpik.

Acara ini juga dicatat sebagai dua daripada rekor dunia yang paling lama berdiri dalam seluruh pertandingan. Pada tahun 1935, Jesse Owens mencatatkan rekor dunia dan pada tahun 1960 oleh Ralph Boston.

Lompat jauh adalah salah satu daripada acara Olimpik pada Yunani Purba. Seseorang atlit akan memegang beban pada kedua-dua tangan yang disebut halteres. Beban ini akan dilayangkan ke hadapan seiring apabila atlet melompat untuk menambah momentum dan dibaling ke belakang apabila berada di udara untuk menolaknya ke hadapan. Paling dingati dalam acara purba adalah seorang lelaki dipanggil Chionis di mana pada Olimpik 656 SM mencatatkan lompatan sejauh 7 m 5 cm.

Sumber : http://ms.wikipedia.org/wiki/Lompat_jauh

Sejarah lompat jauh

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Olahraga lompat jauh dipertandingkan pada sekitar tahun 1869. Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua even yang ada. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat didalam trek. Atletik termasuk didalam Olimpiade modern di tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian Wanita pertamakali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. Sebuah badan pengelola internasional dibentuk, IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lain kurang populer.

AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampai runtuh dibawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970. Sebuah badan baru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATF atau USA T&F). Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yang lebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. Di masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.

Pengertian Lompat Jauh

Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran Lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter. Gerak lompat jauh merupakan gerakan dari perpaduan antara Kecepatan (speed), Kekuatan (stenght), Kelenturan (flexibility), Daya tahan (endurance), Ketepatan (acuration).

Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi lompat jauh tergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. oleh karenanya di samping memiliki kemampuan sprint yang baik harus didukung juga dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.

a) Catatan

- Bak lompat diisi dengan pasir

- Apabila pelompat gagal/diskualifikasi yuri mengangkat bendera merah

- Apabila pelompat melakukan dengan baik yuri mengangkat bendera putih

- Lebar awalan 122 cm

- Panjang balok 122 cm

- Lebar balok 20 cm

b) Hal – hal yang perlu dihindari :

- Memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak.

- Bertolak dari tumit dengan kecepatan yang tidak memadai.

- Badan miring jauh kedepan atau kebelakang.

- Fase yang tidak seimbang.

- Gerak kaki yang premature.

- Tak cukup angkatan kaki pada pendaratan.

- Satu kaki turun mendahului kaki lain pada darat.

c) Hal – hal yang harus diperhatikan/dilakukan

- pelihara kecepatan sampai saat menolak

- capailah dorongan yang cepat dan dinamis dan balok tumpuan.

- Rubahlah sedikit posisi lari, baertujuan mencapai posisi lebih tegak.

- Gunakan gerakan kompensasi lengan yang baik

- Capailah jangkuan gerak yang baik.

- Gerak akhir agar dibuwat lebih kuat dengan menggunakan lebih besar daya kepadanya.

- Latihan gerakan pendaratan.

- Kuasai gerak yang betul dari lengan dan kaki dalam meluruakan dan membengkokkan.

Sumber : http://4.bp.blogspot.com/_Vr1CsaWOI08/Sr9_t4DlVI/AAAAAAAAACQ/MHr1gZyLJ5c/s400/atletik1.jpg

  1. Gambar Lapangan

2. Keterangan Gambar

a. Lebar lintasan awalan = 122 cm

b. Lebar papan tumpu = 20 cm

c. Panjang papan tumpu = 122 cm

d. Bak lompat diisi dengan pasir

3. Macam macam gaya dalam lompat jauh

-Gaya jongkok

-Gaya berjalan di udara (walking in the air)

-Gaya menggantung (snapper)

4. Hal hal yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil maksimal

-Jarak awalan 30-40 dan dilakukan secepat cepatnya

-Menggunakan kaki yang kuat untuk melakukan tolakan.

-Diusahakan melayang selama mungkin

-Waktu mendarat jangan sampai jatuh ke belakang

5. Diskualifikasi

-Dipanggil 3 menit belum melompat

-Menumpu dengan 2 kaki

-Kembali ke arah awalan, setelah melompat

-Mendarat luar bak lompat

6. Yuri mengangkat bendera merah apabila pelompat gagal atau diskualifikasi

7. Yuri mengangkat bendera putih jika lompatan benar.

Sumber : Mardiyanto, S.Pd.I, Tangkas Berolahraga, copyright@binoracom

Teknik lompat jauh

Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran Lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter

Gerak lompat jauh merupakan gerakan dari perpaduan antara Kecepatan (speed), Kekuatan (stenght), Kelenturan (flexibility), Daya tahan (endurance), Ketepatan (acuration).
Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi lompat jauh tergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. oleh karenanya di samping memiliki kemampuan sprint yang baik harus didukung juga dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.

Ancang-ancang
Tujuan ancang-ancang adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan berekselerasi atas kecepatanya, dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik, dan juga ketepatan menumpu. Sebagai pelatihan pemberian jarak ancang-ancang yang pendek dengan dimulai dari 5 langkah, 7 langkah, 9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu.

Menumpu
Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna.
Badan sewaktu menumpu jangan terlalu condong seperti halnya melakukan lari/ ancang-ancang. Tumpuan harus kuat, cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng/ goyang. Berat badan sedikit di depan titik tumpu, gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki, dengan tempo yang cepat. Gerakan ayunan lengan sangat membantu menambah ketinggian dan juga menjaga keseimbangan badan.

Melayang
Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan balok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara. Untuk melakukan gerak ini terdapat beberapa teknik. Yang Pertama, Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan. Yang Kedua, Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus, badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas. Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat.

Mendarat
Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki. Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si pelompat itu sendiri.
Gaya lompatan dalam Lompat Jauh yang sering diperagakan seperti gaya jongkok, Gaya Menggantung, Gaya jalan di udara.

Sumber : http://www.moccasport.co.cc/2009/02/lompat-jauh.html

Pemegang Rekor

Michael (“Mike”) Anthony Powell (Philadelphia, 10 November 1963) adalah salah satu pembentuk American Track and Field athlete, dan pemegang rekor dunia untuk lompat jauh.

Pada Kejuaraan Dunia Atletik (World Championships in Athletics) tahun 1991 (Tokyo), dia mengalahkan rekor Bob Beamon’s, 23-tahun, sejauh 5 cm (2 inci), menjadi 8.95 m (29 feet 4½ inci). Rekor dunia itu belum terpecahkan. Dia mendapatkan penghargaan James E. Sullivan Award dan BBC Sports Personality of the Year Overseas Personality Award di tahun 1991.

Powell memenangkan medali perak untuk cabang lompat jauh pada dua Olimpiade di tahun 1988 dan tahun 1992. Seperti pada kemenangannya yang terkenal pada tahun 1991, dia juga memenangkan perlombaan lompat jauh pada Kejuaraan Dunia Atletik pada tahun 1993, dan juara ketiga Kejuaraan Dunia Atletik tahun 1995.

Setelah Olimpiade 1996, Powell pensiun. Dia kembali pada tahun 2001 dengan tujuan berkompetisi di Olimpiade 2004, tapi tidak berhasil.

Powell, yang menjadi pengawas di Universitas of California di Los Angeles, adalah anggota dari Alpha Phi Alpha, intercollegiate pertama Huruf-Yunani suatu persaudaraan yang didirika untuk orang Afro-Amerika.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mike_Powell

About these ads

Entry Filed under: Uncategorized

2 Comments Add your own

  • 1. diyah  |  April 24, 2010 pukul 7:47 am

    wahh….pengetahuan lg nih…tp masih bisa ga ya lompat sejauh itu lg coz dah ga pernah olahraga lg.hehhehe….yang semangat ya ka nulis diblognya….biar bisa bagi2 pengetahuan ^_^

    • 2. erzdudul  |  April 24, 2010 pukul 9:09 am

      iya deh mbak… makasih ya komen nya….


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Halaman

Kategori

Kalender

April 2010
S S R K J S M
     
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: